Perkembangan Oline Shop di Indonesia

Perkembangan dalam era globalisasi berjalan dengan pesat. Inovasi-inovasi baru terus dilahirkan guna mempermudah pekerjaan manusia. Dalam bidang teknologi dan informasi ditandai dengan adanya jaringan internet yang saat ini telah tersebar ke seluruh dunia. Pengguna internet dari hari ke hari semakin menigkat, bahkan internet telah dijadikan sebagai gaya hidup, terutama dikalangan generasi muda. Semua aktivitas sehari-hari yang dilakukan tidak terlepas dari internet, tak terkecuali dalam melakukan aktivitas jual-beli.
Sejak pertama kali dilakukannya bisnis secara online pada tahun 1994 dan berkembang pesat sejak tahun 2000-an, shopping online Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini.
Aktivitas jual-beli ini muncul karena telah tersedianya media jual-beli yang menggunakan jaringan internet. Media ini biasa disebut dengan Online Shop. Onine Shop telah dikenal dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja sampai orang dewasa. Dengan telah tersebarnya jaringan internet ke seluruh dunia menjadikan Online Shop ini menjadi bisnis yang menjajikan, terutama bagi para remaja yang pada umumnya masih menjadi pebisnis pemula.
Tentu faktor utama yang mempengaruhi hal ini adalah dengan semakin mudahnya akses terhadap internet dan gadget yang semakin terjangkau. Hal tersebut mempengaruhi bisnis online dengan banyaknya orang yang melakukan bisnis melalui internet dan kemudian memicu munculnya berbagai website shopping online Indonesia. contohnya adalah Zalora, lazada, bli-bli,Shopee ID, bukalapak.com dan masih banyak lagi. Perkembangan yang signifikan ini didasari dengan mudahnya dalam memulai bisnis ini. Tanpa perlu modal yang besar Online Shop telah dapat dijalankan. Cukup dengan adanya foto produk dan akses internet sebagai modalnya. Selain itu, kelebihan lain yang disediakan dalam Online Shop adalah mudah dan murah untuk diakses, karena pembeli cukup dengan melihat contoh barang pada foto yang telah dipasang oleh penjual tanpa harus mendatangi toko tersebut. Kelebihan yang ditawarkan tersebut membuat para pebisnis muda yang berasal dari kalangan remaja tertarik untuk mencobanya. Tingginya minat remaja terhadap bisnis Online Shop ini semakin menambah pesatnya perkembangan Online Shop di Indonesia.
Dengan perkiraan bahwa pertumbuhan online shopping mall indonesia akan menjadi yang terbesar dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, tidak heran heran banyak investor, khususnya luar negeri yang tergiur untuk berinvestasi dalam pasar online di Indonesia. Hal ini semakin didukung dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat.
Sejak Januari 2015 hingga Januari 2016, pengguna aktif internet di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 15%, dengan jumlah hingga saat sudah sekitar 88,1 juta orang, di mana 48% diantaranya adalah pengguna internet harian. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah di tahun 2017 hingga menyentuh angka 112 juta orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan menggeser Jepang yang sedang mengalami pertumbuhan yang lambat dalam hal pengguna internet.
Dengan angka tersebut, angka transaksi Indonesia shopping online akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 saja total transaksi pasar online di Indonesia sudah mencapai Rp130 triliun. Angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang bergerak di pasar online.
Melihat perkembangan shopping online di Indonesia, tentunya memberikan peluang untuk turut mendukung perkembangan ekonomi secara nasional. Tidak hanya soal perekonomian nasional, tapi kehidupan masyarakat secara luas tentu akan terbantu dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan dari perkembangan teknologi dan pasar online.
Media yang  biasa digunakan untuk Online Shop adalah:
   a.   Blog
Blog merupakan layanan web gratis dimana pelaku usaha menggunakan blog sebagai Online Shop yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah dikustomisasi oleh penggunanya, maka Online Shop Melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti-bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual terpecaya.

   b.   Situs Web
Ada banyak situs web yang menyediakan layanan Online Shop baik web lokal maupun web Internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja, dimana calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan menggunakan keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak yang dapat dilakukan di layanan daring melalui web, diantaranya yang terkenal adalah lelang. Lelang adalah kegiatan belanja daring dimana penjual menetapkan batas bawah suatu harga yang hendak dilelang, kemudian sang pembeli yang tertarik dapat menawar sesuai dengan kelipatan yang diajukan, lelang biasanya dibatasi sampai periode tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan berhak membeli barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia ajukan.

       C. Media Sosial
Seiring dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring sosial di dunia, media sosial networking seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain lain ini juga dilirik oleh pelaku belanja daring untuk memasarkan produknya. Penjual akan menggugah barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo sharing. Bentuk penawaran ini merupakan pengembangan dari media katalog yang tadinya disebarkan dalam bentuk media cetak per bulan, kini disebarkan melalui media katalog online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.

Online Shop diciptakan untuk mempermudah kegiatan transaksi jual-beli. Kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya dapat membantu dalam berbelanja. Para pelaku usaha ini yang mayoritas berasal dari generasi muda menimbulkan berbagai dampak bagi para pelaku yang secara tidak  langsung mempengaruhi kultur budaya Indonesia. Dampak yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.
Dilihat dari sisi positifnya :
   1.  Bisa belanja dimana saja
Karena kita belanja online otomatis kita bisa belanja dimana saja entah itu di kantor, dirumah, dimobil, bahkan di dapur itu bisa dilakukan asalkan kita menggunakan handphone yang bisa menyambungkan internet atau dengan smartphone atau juga computer/laptop yang tersambung koneksi internet.
   2.  Bisa menghemat tenaga
Karena dengan kita belanja online berarti kita tidak perlu datang ke tokonya langsung tinggal kita aktifkan smartphone, gadget atau laptap yang telah tersambung internet kita bisa memilih barang sambil duduk ataupun sambil bersantai santai ria, jadi hemat tenaga
3    Sangat mudah dilakukan
Karena tingal kita membuka situs web belanja online kita sudah bisa memulai belanja online tersebut. Atau jika kita telah mendownload aplikasi belanja online tinggal kita membuka aplikasi itu dan memilih lalu pesan barang tersebut bisa melalui sms,bbm,bahkan email.
   4.  Toko selalu buka
Karena kita belanja tidak datang ketoko langsung maka kita bisa buka situs web toko itu selama 7hari full atau 7x24 jam.
   5. Diskon
Pada waktu waktu tertentu terdapat pula potongan harga dan ini sangat dinanti nanti oleh para wanita yang tergila-gila dengan belanja online.
   6.  Sedia produk apapun
Di internet semua hal kita bisa akses tidak lain pula dengan belanja online kita bisa mecari apa aja yang kita butuhkan. Mulai dari kebutuhan wanita, kebutuhan pria, kebutukan anak-anak, bahkan elektronik atau sarana transportasi pun bisa kita dapatkan melalui online

Nah selain ada segi positifnya tak luput pula online shopping ini juga terdapat segi negatifnya, yaitu :
   1. Tidak dapat mencoba produk
Kadang ukuran yang satu dengan yang lain sangatlah berbeda atau barang yang kita lihat dalam foto dengan kenyataan juga berbeda jadi itulah resiko jika kita tidak bisa mencobanya kadang kalau baju bisa kebesaran atau kekecilan.
   2.   Adanya jeda waktu pengiriman
Jika kita beli di toko langsung maka ada uang ada barang namun jika kita belanja online maka kita harus transfer uang dahulu barulah barang dikirim dan waktunyapun lama.
   3. Dikenai biaya pengiriman
Karena transaksi jarak jauh maka harus ada juga pengiriman, jadi kita harus merogoh kocek lagi untuk biaya pengiriman.
   4. Harus memiliki kartu kredit atau Debit
Karena harus transfer uang maka kita harus memiliki kartu kredit ataupun kartu debet.
   5. Maraknya penipuan
  6.Karena kita tidak bertemu langsung dengan sang penjual maka bisa atau banyak juga yang menjadikan online shop menjadi ajang tempat penipuan.

Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

#SIP Sistem Informasi Managemen dan Sistem Penunjang Keputusan

#SIP Database

#SIP Artificial Intelligence dan Expert System