Perkembangan Oline Shop di Indonesia
Perkembangan
dalam era globalisasi berjalan dengan pesat. Inovasi-inovasi baru terus
dilahirkan guna mempermudah pekerjaan manusia. Dalam bidang teknologi dan
informasi ditandai dengan adanya jaringan internet yang saat ini telah tersebar
ke seluruh dunia. Pengguna internet dari hari ke hari semakin menigkat, bahkan
internet telah dijadikan sebagai gaya hidup, terutama dikalangan generasi muda.
Semua aktivitas sehari-hari yang dilakukan tidak terlepas dari internet, tak
terkecuali dalam melakukan aktivitas jual-beli.
Sejak
pertama kali dilakukannya bisnis secara online pada tahun 1994 dan berkembang
pesat sejak tahun 2000-an, shopping online Indonesia telah mengalami
perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini.
Aktivitas
jual-beli ini muncul karena telah tersedianya media jual-beli yang menggunakan
jaringan internet. Media ini biasa disebut dengan Online Shop. Onine Shop telah
dikenal dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja sampai orang dewasa.
Dengan telah tersebarnya jaringan internet ke seluruh dunia menjadikan Online
Shop ini menjadi bisnis yang menjajikan, terutama bagi para remaja yang pada
umumnya masih menjadi pebisnis pemula.
Tentu
faktor utama yang mempengaruhi hal ini adalah dengan semakin mudahnya akses
terhadap internet dan gadget yang semakin terjangkau. Hal tersebut mempengaruhi
bisnis online dengan banyaknya orang yang melakukan bisnis melalui internet dan
kemudian memicu munculnya berbagai website shopping online Indonesia. contohnya
adalah Zalora, lazada, bli-bli,Shopee ID, bukalapak.com dan masih banyak lagi.
Perkembangan yang signifikan ini didasari dengan mudahnya dalam memulai bisnis
ini. Tanpa perlu modal yang besar Online Shop telah dapat dijalankan. Cukup
dengan adanya foto produk dan akses internet sebagai modalnya. Selain itu,
kelebihan lain yang disediakan dalam Online Shop adalah mudah dan murah untuk
diakses, karena pembeli cukup dengan melihat contoh barang pada foto yang telah
dipasang oleh penjual tanpa harus mendatangi toko tersebut. Kelebihan yang
ditawarkan tersebut membuat para pebisnis muda yang berasal dari kalangan
remaja tertarik untuk mencobanya. Tingginya minat remaja terhadap bisnis Online
Shop ini semakin menambah pesatnya perkembangan Online Shop di Indonesia.
Dengan
perkiraan bahwa pertumbuhan online shopping mall indonesia akan menjadi yang
terbesar dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, tidak heran heran banyak investor,
khususnya luar negeri yang tergiur untuk berinvestasi dalam pasar online di
Indonesia. Hal ini semakin didukung dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia
yang terus meningkat.
Sejak
Januari 2015 hingga Januari 2016, pengguna aktif internet di Indonesia
mengalami kenaikan sebesar 15%, dengan jumlah hingga saat sudah sekitar 88,1
juta orang, di mana 48% diantaranya adalah pengguna internet harian. Jumlah
tersebut diperkirakan akan bertambah di tahun 2017 hingga menyentuh angka 112
juta orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan menggeser Jepang yang sedang
mengalami pertumbuhan yang lambat dalam hal pengguna internet.
Dengan
angka tersebut, angka transaksi Indonesia shopping online akan terus bertambah
dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 saja total transaksi pasar online di
Indonesia sudah mencapai Rp130 triliun. Angka tersebut diperkirakan akan terus
bertambah dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang bergerak di pasar
online.
Melihat
perkembangan shopping online di Indonesia, tentunya memberikan peluang untuk
turut mendukung perkembangan ekonomi secara nasional. Tidak hanya soal
perekonomian nasional, tapi kehidupan masyarakat secara luas tentu akan
terbantu dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan dari
perkembangan teknologi dan pasar online.
Media yang biasa digunakan untuk Online Shop adalah:
a. Blog
Blog
merupakan layanan web gratis dimana pelaku usaha menggunakan blog sebagai
Online Shop yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa
yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah
dikustomisasi oleh penggunanya, maka Online Shop Melalui media blog cukup
riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya
penjual mengunggah bukti-bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan
kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual terpecaya.
b. Situs Web
Ada
banyak situs web yang menyediakan layanan Online Shop baik web lokal maupun web
Internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja, dimana calon pembeli dapat
memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan menggunakan keranjang belanja,
pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar transaksi langsung dapat
dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak yang dapat dilakukan di
layanan daring melalui web, diantaranya yang terkenal adalah lelang. Lelang
adalah kegiatan belanja daring dimana penjual menetapkan batas bawah suatu
harga yang hendak dilelang, kemudian sang pembeli yang tertarik dapat menawar
sesuai dengan kelipatan yang diajukan, lelang biasanya dibatasi sampai periode
tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan berhak membeli
barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia ajukan.
C. Media Sosial
Seiring
dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring sosial di dunia, media sosial
networking seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain lain ini juga dilirik
oleh pelaku belanja daring untuk memasarkan produknya. Penjual akan menggugah
barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo
sharing. Bentuk penawaran ini merupakan pengembangan dari media katalog yang
tadinya disebarkan dalam bentuk media cetak per bulan, kini disebarkan melalui
media katalog online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.
Online
Shop diciptakan untuk mempermudah kegiatan transaksi jual-beli.
Kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya dapat membantu dalam berbelanja. Para
pelaku usaha ini yang mayoritas berasal dari generasi muda menimbulkan berbagai
dampak bagi para pelaku yang secara tidak
langsung mempengaruhi kultur budaya Indonesia. Dampak yang
ditimbulkannya adalah sebagai berikut.
Dilihat dari sisi
positifnya :
1. Bisa belanja dimana saja
Karena
kita belanja online otomatis kita bisa belanja dimana saja entah itu di kantor,
dirumah, dimobil, bahkan di dapur itu bisa dilakukan asalkan kita menggunakan
handphone yang bisa menyambungkan internet atau dengan smartphone atau juga
computer/laptop yang tersambung koneksi internet.
2. Bisa menghemat tenaga
Karena
dengan kita belanja online berarti kita tidak perlu datang ke tokonya langsung
tinggal kita aktifkan smartphone, gadget atau laptap yang telah tersambung
internet kita bisa memilih barang sambil duduk ataupun sambil bersantai santai
ria, jadi hemat tenaga
3 Sangat mudah dilakukan
Karena
tingal kita membuka situs web belanja online kita sudah bisa memulai belanja
online tersebut. Atau jika kita telah mendownload aplikasi belanja online
tinggal kita membuka aplikasi itu dan memilih lalu pesan barang tersebut bisa
melalui sms,bbm,bahkan email.
4. Toko selalu buka
Karena
kita belanja tidak datang ketoko langsung maka kita bisa buka situs web toko
itu selama 7hari full atau 7x24 jam.
5. Diskon
Pada
waktu waktu tertentu terdapat pula potongan harga dan ini sangat dinanti nanti
oleh para wanita yang tergila-gila dengan belanja online.
6. Sedia produk apapun
Di
internet semua hal kita bisa akses tidak lain pula dengan belanja online kita
bisa mecari apa aja yang kita butuhkan. Mulai dari kebutuhan wanita, kebutuhan
pria, kebutukan anak-anak, bahkan elektronik atau sarana transportasi pun bisa
kita dapatkan melalui online
Nah
selain ada segi positifnya tak luput pula online shopping ini juga terdapat
segi negatifnya, yaitu :
1. Tidak dapat mencoba produk
Kadang
ukuran yang satu dengan yang lain sangatlah berbeda atau barang yang kita lihat
dalam foto dengan kenyataan juga berbeda jadi itulah resiko jika kita tidak
bisa mencobanya kadang kalau baju bisa kebesaran atau kekecilan.
2. Adanya jeda waktu pengiriman
Jika
kita beli di toko langsung maka ada uang ada barang namun jika kita belanja
online maka kita harus transfer uang dahulu barulah barang dikirim dan
waktunyapun lama.
3. Dikenai biaya pengiriman
Karena
transaksi jarak jauh maka harus ada juga pengiriman, jadi kita harus merogoh
kocek lagi untuk biaya pengiriman.
4. Harus memiliki kartu kredit atau Debit
Karena
harus transfer uang maka kita harus memiliki kartu kredit ataupun kartu debet.
5. Maraknya penipuan
6.Karena kita tidak bertemu langsung
dengan sang penjual maka bisa atau banyak juga yang menjadikan online shop
menjadi ajang tempat penipuan.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar